BAKSO MALANG

Share:


Download Gambar bakso Malang format PNG untuk melangkapi desinan, berikut link download gambar bakso format PNG. Sebelumnya tidak ada slahnya kita tengok sedkit sejarah tentang bakso
Bakso memiliki akar dari seni kuliner Tionghoa-Indonesia. Hal ini ditunjukkan dari istilah 'bakso' berasal dari kata Bak-So, dalam Bahasa Hokkien yang secara harfiah berarti 'daging giling'. Karena kebanyakan penduduk Indonesia adalah muslim, maka bakso lebih umum terbuat dari daging halal seperti daging sapi, ikan, atau ayam.
Bakso Tiongkok biasanya terbuat dari babi atau makanan laut dan warnanya agak kecoklatan serta bentuknya tidak bulat sekali.



Padang terkenal dengan hidangan rendang, Yogyakarta terkenal dengan gudeg, dan Palembang terkenal dengan pempek. Maka kota Malang terkenal dengan salah satu jenis kulinernya yaitu Bakso Malang.

Di luar kota Malang, Bakso Malang disebut dengan nama Bakwan Malang. Berbeda dengan bakso pada umumnya yang biasanya berisi campuran bakso halus atau bakso urat dan mi kuning atau mi putih, Bakwan Malang memiliki pilihan isian seperti bakso halus, bakso urat, bakso goreng, bakwan rebus, pangsit goreng, dan tahu rebus. Sementara kuahnya merupakan kaldu hasil rebusan tulang-tulang dan sum-sum sapi yang membuat rasanya menjadi lebih gurih, segar, dan menambah kelezatan. Tidak ketinggalan, taburan bawang goreng dan daun bawang ikut menebar aroma harum yang menggugah selera.

Dalam perkembangannya, isian Bakwan Malang semakin bertambah dengan adanya adonan daging yang dibungkus dengan kulit pangsit yang kemudian digoreng seperti risoles. Baksonya juga ada yang digoreng. Isian Bakwan Malang memang tergantung pilihan pembeli. Sebagai pelengkap, bisa ditambah dengan mi atau bihun, saus cabai, saus tomat, dan kecap.




>

No comments